Peta Pulau Jawa

Pulau Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dengan penduduk lebih 150 juta jiwa, pulau ini merupakan salahsatu pulau dengan penduduk terpadat di dunia,di dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Ibu kota Indonesia, Jakarta, terletak di Pulau Jawa bagian barat. Pulau Jawa banyak dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa vulkanik, Jawa merupakan pulau ketiga belas terbesar di dunia dan terbesar kelima di Indonesia.

Peta Pulau Jawa 

peta jawa

Saat ini Pulau Jawa terbagi dalam 6 (enam) wilayah administrasi setingkat provinsi, dua diantara nya bersifat khusus. Enam wilayah tersebut yaitu:
  1. Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) 
  2. Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY )
  3. Provinsi Banten
  4. Provinsi Jawa Barat
  5. Provinsi Jawa Tengah
  6. Provinsi Jawa Timur

Pulau Jawa memiliki luas sekitar 126.700 km2. Sungai yang terpanjang ialah Bengawan Solo, yaitu sepanjang 600 km. Sungai ini bersumber di Jawa bagian tengah, tepatnya di gunung berapi Lawu. Aliran sungai kemudian mengalir ke arah utara dan timur, menuju muaranya di Laut Jawa di dekat kota Surabaya.

Peta Jalur Mudik
(klik untuk zoom)
Hampir keseluruhan wilayah Jawa pernah memperoleh dampak dari aktivitas gunung berapi. Terdapat tiga puluh delapan gunung yang terbentang dari timur ke barat pulau ini, yang kesemuanya pada waktu tertentu pernah menjadi gunung berapi aktif. Gunung berapi tertinggi di Jawa adalah Gunung Semeru (3.676 m), sedangkan gunung berapi paling aktif di Jawa dan bahkan di Indonesia adalah Gunung Merapi (2.968 m) serta Gunung Kelud (1.731 m).

Gunung-gunung dan dataran tinggi yang berjarak berjauhan membantu wilayah pedalaman terbagi menjadi beberapa daerah yang relatif terisolasi dan cocok untuk persawahan lahan basah. Lahan persawahan padi di Jawa adalah salah satu yang tersubur di dunia. Jawa adalah tempat pertama penanaman kopi di Indonesia, yaitu sejak tahun 1699. Kini, kopi arabika banyak ditanam di Dataran Tinggi Ijen baik oleh para petani kecil maupun oleh perkebunan-perkebunan besar.

Peta pulau lainnya: Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali.

Komentar

  1. Ini nieh propinsi ane, kota ane nieh bro...wah bangga aq. Mari kita Bersama kembangkan budaya bangsa.

    BalasHapus
  2. Anonim11 Maret

    coba disini mas http://www.mediafire.com/download/56i7tu6fpn05poj/Admin+Jawa.rar

    BalasHapus

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.