Peta Kabupaten Maybrat

Kabupaten Maybrat adalah sebuah kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk pada tahun 2009 sebagai pemekaran dari Kabupaten Sorong. Jumlah penduduk Kabupaten Maybrat pada tahun 2016 sekitar 45.000 orang. Luas wilayahnya 5.461,69 km2.

Peta Kabupaten Maybrat


Pada 27 Oktober 2008 keluarlah Keputusan Bupati Sorong Selatan Nomor 133 Tahun 2008 tentang Penyerahan Sebagian Cakupan Wilayah Bawahan Kabupaten Sorong Selatan ke Kabupaten Sorong, wilayah yang diserahkan terdiri dari 11 (sebelas) distrik, yaitu:

  1. Distrik Aifat
  2. Distrik Aifat Utara
  3. Distrik Aifat Timur
  4. Distrik Aifat Selatan
  5. Distrik Aitinyo Barat
  6. Distrik Aitinyo
  7. Distrik Aitinyo Utara
  8. Distrik Ayamaru
  9. Distrik Ayamaru Utara
  10. Distrik Ayamaru Timur
  11. Distrik Mare

Pada 16 Januari 2009 disahkanlah UU RI Tahun 2009 Nomor 13 tentang Pembentukan Kabupaten Maybrat sebagai hasil pemekaran dari kabupaten Sorong. Adapun komposisi distrik bawahannya adalah tepat sama dengan komposisi distrik di atas. Ini terjadi karena pemekaran dari Kabupaten Sorong Selatan belum memenuhi syarat teknis dan legalitas, jadi upaya percepatan berupa pemindahan kembali 11 distrik calon distrik Kabupaten Maybrat untuk sementara waktu ke kabupaten induknya dan dilanjutkan dengan proses pembentukan Kabupaten Maybrat sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong, bukan dari Kabupaten Sorong Selatan.

Bandar Udara Kambuaya adalah sebuah bandar udara yang berada di Kabupaten Maybrat, bandara ini dapat didarati oleh pesawat sejenis DHC6-300.

Semboyan: Anu Beta Tubat

Comments

  1. Maybrat sudah 24 distrik tapi sampai sekarang pemda kab. Maybrat tidak pernah updet data tentang perubahan distrij

    ReplyDelete

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.