Peta Kabupaten Morowali Utara

Kabupaten Morowali Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten sekaligus pusat administrasi terletak di kota Kolonodale. Kabupaten ini mempunyai luas 10004,28 km² dan berpenduduk sebanyak 117.670 jiwa pada tahun 2016.

Peta Kabupaten Morowali Utara


Kabupaten Morowali Utara terdiri dari 10 kecamatan dan 125 desa/kelurahan. Morowali Utara berbatasan dengan Tojo Una-Una di bagian utara, Poso di bagian barat, Sulawesi Selatan di bagian barat daya dan selatan, Morowali di bagian tenggara, serta Banggai di bagian timur dan timur laut. Morowali Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 12 April 2013 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB).

Menteri Dalam Negeri menetapkan Staf Ahli Bidang Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Tengah, Abdul Haris Rengga, sebagai penjabat Bupati Morowali Utara yang baru dimekarkan dari Kabupaten Morowali. Bupati Morowali Utara saat ini dijabat oleh Aptripel Tumimomor. Pada 9 Desember, Aptripel bersama Asrar berhasil memenangkan pilkada Morowali Utara. Mereka dilantik bersama pejabat bupati/walikota Sulawesi Tengah lainnya pada 16 Februari 2016, oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola.

Comments