Kota Peta

Tahukah kalian Kota Peta? Peta adalah sebuah kota di Yunani.Peta berada di utara Amfilokhia, timur laut Arta, selatan-tenggara Ioannina dan timur Preveza. Sungai Arachthos dan waduknya berada di barat laut. 

Kota Peta dikuasai oleh Kesultanan Utsmaniyah secara terputus-putus. Kota ini terpengaruh oleh Perang Kemerdekaan Yunani dan kehilangan kemenangan lantas masuk Yunani. Turki Utsmani menduduki desa ini dan terus menguasainya hingg tahun 1881.

Peta akhirnya bergabung dengan Yunani selama pembebasan Arta yang terletak di tenggara yang termasuk sebagian besar Thessalia yang mengakhiri kekuasaan Turki pada tahun 1881 dan merupakan salah satu dari sedikitnya kota yang dianeksasi Yunani, sementara wilayah yang berada di barat laut Peta tetap di tangan Turki Utsmani hingga Perang Balkan 1913. Pelan-pelan, ekonominya membaik.

Setelah Perang Dunia II dan Perang Saudara Yunani, bangunan-bangunan di kota ini didirikan. Penduduknya berkurang separuh antara tahun 1981-1991. Penduduknya berkembang secara perlahan antara tahun 1991-2001. Listrik dan mobil datang ke kota ini pada tahun 1960-an. Jalanan kota ini diaspal pada akhir abad ke-20 dan televisi tiba pada tahun 1980-an. Internet dan komputer tiba di akhir tahun 1990-an.
sunber: wikipedia

Komentar