Peta Kabupaten Sorong Selatan

Kabupaten Sorong Selatan adalah sebuah kabupaten di Papua Barat, Indonesia. Pada tahun 2014, kabupaten ini mempunyai penduduk sejumlah 43.898 jiwa. Ibu kotanya adalah Teminabuan.

Peta Kabupaten Sorong Selatan


Berdasarkan hasil perhitungan melalui Bakosurtanal Pada tahun 2011 luas wilayah Kabupaten Sorong Selatan menjadi 8.424.165 km² meliputi wilayah daratan seluas 6.891.551 km² dan luas laut seluas 1.532.614 km². Topografis Kabupaten Sorong Selatan sebagian besar daerah lembah atau Daerah Aliran Sungai (DAS) relatif bervariasi mulai dari dataran rendah, rawa-rawa, dan pantai(35%) sampai wilayah dataran tinggi yang merupakan daerah pegunungan dan lereng-lereng(pedalaman,± 65%) Penyebaran wilayah tersebut adalah sebagai berikut :
  • Daerah Pegunungan tersebar di distrik : Sawiat dan Fkour
  • Daerah dataran rendah tersebar di distrik : Teminabuan, Seremuk(Sebagian), Wayer, Moswaren, Kokoda Utara.
  • Daerah Pantai dan rawa, tersebar di distrik : Inanwatan, Metemani, Kais, Kokoda Utara (Sebagian) dan sebagian Seremuk.
Di kabupaten Sorong Selatan juga terdapat banyak sungai-sungai besar yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi untuk mengirim logistik ke daerah pedalaman sehingga kebutuhan hidup bagi masyarakat pedalaman yang tidak dapat terjangkau jalan darat dapat di salurkan melalui sungai. Pada beberapa titik, dermaga sungai juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk menjual hasil tangkapan nelayan yang baru kembali dari laut.

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.