Peta Kabupaten Mimika

Kabupaten Mimika adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Timika. Kabupaten Mimika memiliki luas sekitar 20.039 km² atau 4,75% dari luas wilayah Provinsi Papua dengan penduduk 183.633 jiwa (2010).

Di kabupaten ini terletak Kecamatan Tembagapura di mana tambang emas terbesar di dunia milik PT. Freeport Indonesia berada. Terdapat sebuah bandar udara nasional di kabupaten ini, yaitu Bandara Moses Kilangin yang terletak di Timika. Serta pelabuhan Nasional, di Poumako.

Peta Kabupaten Mimika


Awalnya Mimika merupakan sebuah kecamatan dari wilayah administrasi Kabupaten Fakfak, berdasarkan peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 1996, Kecamatan Mimika ditetapkan sebagai Kabupaten Administratif, kemudian berdasarkan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999, Mimika menjadi Kabupaten Otonom.

Kabupaten Mimika didiami oleh 2 asli, yaitu suku Amungme yang mendiami wilayah pegunungan dan suku Kamoro di wilayah pantai. Selain itu ada 5 suku kekerabatan lainnya yakni suku Moni, Dani, Nduga, Damal dan Lanny.

Wacana Pemekaran Wilayah:
Kabupaten Mimika Barat
Kabupaten Mimika Barat meliputi wilayah bekas Distrik Mimika Barat. Kecamatan yang mungkin bergabung ke dalam kabupaten ini meliputi :
Mimika Barat
Mimika Barat Tengah
Mimika Barat Jauh
Ibukota kabupaten ini terletak di Kokonao.

Kabupaten Mimika Timur
Kabupaten Mimika Timur meliputi wilayah bekas Distrik Mimika Timur. Kecamatan yang mungkin bergabung ke dalam kabupaten ini meliputi :
Mimika Timur
Mimika Timur Tengah
Mimika Timur Jauh
Jila
Jita
Agimuga
Ibukota kabupaten ini terletak di Agimuga.

Kota Timika
Kota Timika merupakan ibukota Kabupaten Mimika akan dinaikkan menjadi sebuah kota/kotamadya
Kecamatan yang mungkin bergabung ke dalam kota ini meliputi :
Mimika Baru
Kwamki Narama
Kuala Kencana
Apabila Kota Timika terbentuk, maka ibukota kabupaten ini pindah ke Tembagapura.

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.