Peta Kabupaten Manokwari Selatan

Kabupaten Manokwari Selatan merupakan salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat. Ibukota kabupaten ini terletak di Ransiki. Berdasarkan data administrasi Kabupaten Manokwari Selatan  memiliki luas wilayah daratan 2.812,44 Km2, dan luas wilayah perairan  584,36 Km2, dengan jumlah jumlah penduduk sebesar 33.202 jiwa dengan  kondisi topografi di Kabupaten Manokwari Selatan berupa pesisir pantai  dan dataran tinggi yang merupakan daerah pegunungan dan lereng – lereng  serta dataran rendah.

Peta Kabupaten Manokwari Selatan


Kabupaten Manokwari Selatan merupakan pemekaran dari Kabupaten Manokwari. Kabupaten ini resmi dimekarkan pada tanggal 16 November 2012, sesuai  UU No 23 tahun 2012 tentang Pembentukan Manokwari Selatan. Penduduk yang mendiami Kabupaten Manokwari Selatan cukup beragam, ada suku besar Arfak, Wondamen, Biak, Serui, Bugis-Makassar, Toraja, Jawa, Ambon, Buton dan lain sebagainya.

Setelah berlangsung Pilkada Serentak pada 9 Desember 2015, terpilihlah bupati dan wakil bupati Kabupaten Manokwari Selatan definitif pertama, yakni Markus Waran, ST – Wempi Welly Rengkung, SE untuk periode 2016-2021. Pada tanggal 17 Februari 2016, Gubernur Papua Barat, Abraham Octavianus Atururi resmi melantik Maskus Waran- Wempi Welly Rengkung dari hasil Pilkada Serentak.

Pada tanggal 16 November 2016, Kabupaten Manokwari Selatan genap berusia empat tahun. Diusia yang masih tergolong muda ini, pemerintahan dibawah kendali Bupati Markus Waran dan Wakil Bupati Wempi Welly Rengkung bersama masyarakat di daerah ini terus bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan dari daerah-daeran lain di Indonesia.

Comments