Peta Kabupaten Halmahera Selatan

Kabupaten Halmahera Selatan adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Labuha. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 8.892 km² dan berpenduduk sebanyak 198.911 jiwa (2010). Tanggal Peresmian 25 Februari 2003.

Peta Kabupaten Halmahera Selatan 


Kabupaten Halmahera Selatan  merupakan wilayah yang terdiri atas banyak pulau. Ibukota dari Halmahera Selatan, Labuha, terletak di Pulau Bacan yang merupakan pulau terbesar di Halmahera Selatan. Karena wilayahnya yang berpulau-pulau tersebut maka transportasi yang paling penting sekaligus umum digunakan adalah perahu dan kapal umum. 

Untuk menuju ke Pulau Bacan, perlu menempuh sekitar 8 jam perjalanan dengan menggunakan kapal laut dari Ternate sampai Pelabuhan Babang. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum selama 30 menit dari Babang ke ibukota Kabupaten Halmahera Selatan, Labuha. Dari Labuha menuju SD penempatan masing-masing diperlukan moda transportasi dan waktu tempuh yang berbeda; bervariasi dengan angkutan umum, ojek, hingga ketinting (perahu motor) sekitar 30 menit hingga 3 jam perjalanan. 
Moto: SARUMA

Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.