Peta Kabupaten Fakfak

Kabupaten Fakfak adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Kota Fakfak. Kabupaten Fakfak terletak pada 131°30' - 138°40' BT dan 2°25' - 4° LS. Kabupaten Fak Fak, Provinsi Papua Barat terletak di kepala burung bagian selatan letaknya sangat strategis karena mempunya hub dengan Kota Ambon yang relatif lebih pendek dibandingkan dengan kota-kota lain di pulau Papua. Kabupaten ini terkenal dengan hasil buah palanya sehingga dijuluki sebagai Kota Pala. Ibukotanya, Kota Fakfak, merupakan salah satu kota tertua di Papua. 

Peta Kabupaten Fakfak


Kabupaten Fakfak mempuyai luas wilayah 14,320 Km2. Distrik Karas Merupakan daerah yang terluas Kabupaten Fakfak. Sedangkan Distrik Fakfak Tenggah merupakan daerah yang terkecil yaitu 705 Km2 atau 4,92% dari total luas Kabupaten Fakfak.

Mayoritas penduduknya beragama Islam, tingkat asimilasi dengan dunia luar sangat tinggi sejak lama (sebelum penjajahan Belanda). Di Kabupaten Fakfak terdapat masjid-masjid tua peninggalan abad ke-17, salah satunya adalah masjid Patambura yang terletak di Kecamatan Kokas. Hal ini menunjukan bahwa Agama Islam telah mesuk ke Papua sebelum abad ke-17, sebagain ahli memprediksikan bahwa telah masuk sejak abad ke-15. Masyarakat Kabupaten Fakfak sangat menjunjung tinggi nilai keagamaan, terbukti dengan terciptanya sebuah semboyan yang sudah ada sejak turun temurun di kabpaten Fakfak yaitu Satu Tungku Tiga Batu. Di Kabupaten Fakfak yang memeluk Islam (63,2 %), Kristen (25,1 %), Katolik (11,4 %), Dan Lain-lain (0,30 %).

Beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi antara lain:
  • Desa Ubadari (sumber air),
  • Distrik Kokas dengan pemandangan alam teluk dan pulau yang masih alami
  • Goa peninggalan Jepang pada waktu Perang Dunia II,
  • Situs Purbakala Kokas atau oleh masyarakat setempat biasa disebut Tapurarang. Yaitu lukisan peninggalan zaman megalitikum pada dinding-dinding gua.
  • Masjid Tua Patimburak – masjid tertua di Papua yang didirikan pada tahun 1870.
  • Air Terjun Kayuni Di Distrik Kramomongga Kampung Kayun
  • Air Terjun Ubadari Di Distrik Kramomongga Kampung Ubadari
  • Air Terjun Tagor Di Distrik Kokas Kampung Mambuni-buni
Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.