Peta Kabupaten Timor Tengah Selatan

Kabupaten Timor Tengah Selatan adalah  kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, ibukota nya Soe (baca so'e). Kota ini biasa disebut "The Freezing City" atau "Kota Membeku" karena cuaca di kota ini jauh lebih dingin dibandingkan kota lainnya di Pulau Timor. Kota ini berjarak 110 km dari Kupang, atau sekitar 185 km dari Atambua.

Peta Kabupaten Timor Tengah Selatan


Secara astronomi Kabupaten Timor Tengah Selatan berada pada Koordinat 124°3'13"-124°49'56" BT dan 9°26'-10° 10'0"LS. Luas wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan adalah 3.947,1 km2 dengan jumlah penduduk 441.155 jiwa (2010).  Di kabupaten ini terdapat beberapa dataran yang sangat luas yang kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai lahan pertanian atau sawah. Komoditas utama pertanian saat ini adalah Jeruk Soe yang terkenal. Selain itu kabupaten ini terkenal sebagai gudang ternak dan juga kayu cendana yang harum, namun sudah semakin langka.

Kabupaten Timor Tengah Selatan juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan daerah lainnya di Indonesia, misalnya:
  • Pantai Kolbano yang terkenal dengan batu berwarnanya
  • Pantai Oetune
  • Air Terjun Oehala
  • Taman Rekreasi Buat
  • Cagar Alam Gunung Mutis yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Timor
Rencana pemekaran wilayah:
Kabupaten Amanatun, Kecamatan yang mungkin bergabung dengan kabupaten ini meliputi: Amanatun Selatan, Amanatun Timur, Amanatun Utara, Boking, Fatukopa, Kok'baun, Santian dan Toianas.
Soe merupakan ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan akan dinaikkan menjadi kotamadya. Kecamatan yang mungkin bergabung ke dalam kota ini meliputi : Kota Soe, Mollo Barat, Mollo Selatan, Mollo Tengah dan Mollo Utara.

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.