Peta Kabupaten Sumba Barat Daya

Kabupaten Sumba Barat Daya adalah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia, sebagai pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat, dan dibentuk berdasarkan UU No. 16 tahun 2007. Ibukotanya adalah Tambolaka. Luas 1.445,32 km2 dengan jumlah penduduk 235.632 jiwa.

Peta Kabupaten Sumba Barat Daya


Wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya dibagi menjadi 11 kecamatan, yaitu:
  1. Kodi
  2. Kodi Bangedo
  3. Kodi Utara
  4. Kodi Balaghar
  5. Laura
  6. Wewewa Barat
  7. Wewewa Selatan
  8. Wewewa Timur
  9. Wewewa Tengah
  10. Wewewa Utara
  11. Wewewa Utara
Kabupaten Sumba Barat Daya yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat sehingga memiliki cerita sejarah yang saling berkaitan. Dahulu, Paraingu atau kampung besar merupakan sistem pemerintahan tradisional Sumba. Seiring dengan bertambahnya jumlah orang-orang dari luar yang merupakan nenek moyang datang ke Pulau Sumba, lalu mereka membentuk bermacam kelompok kekeluargaan besar atau klan yang didasarkan pada kesamaan asal usul dan Marapu yang disembah. Kelompok ini disebut dengan nama kabihu. 
Beberapa kabihu ada yang bergabung dengan wilayah lain yang membangun negeri sendiri yang tetap diatur dengan hukum dan cara yang berlaku pada waktu itu. Hingga kedatangan bangsa Belanda yang mengubah sistem Paraingu menjadi sistem kerajaan yang bertujuan untuk menguasai wilayah Sumba

Moto: LODA WEEMARINGI PADA WEE MALALA

Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.