Peta Kabupaten Jeneponto

Kabupaten Jeneponto adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten Jeneponto adalah Bontosunggu. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 749,79 km2 dan berpenduduk sebanyak 330.735 jiwa. Secara astronomi Kabupaten Jeneponto terletak pada Koordinat: 5.23'12"-5.42'1,2 LS dan 119.29'12"-119.56'44,9" BT.

Peta Kabupaten Jeneponto


Ditinjau dari batas-batasnya maka pada sebelah Utara berbatasan dengan Gowa, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Flores, sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Takalar dan sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Bantaeng. 

Kabupaten Jeneponto adalah merupakan daerah penghasil garam terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Luas areal saat ini adalah 565,63 Ha dengan jumlah produksi rata-rata pertahun adalah sekitar 46.000 ton. 
Dalam rangka mengsukseskan program Pemerintah dalam Upaya Pengulangan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY), maka Pemerintah Kabupaten Jeneponto telah melakukan upaya seperti penegakan hukum melalui Peraturan Daerah dan Surat Keputusan Bupati Jeneponto mengenai Larangan peredaran Garam Non Yodium. 

Kabuapaten Jeneponto, yang identik sebagai Kota Kuda berjarak sekitar 90 km dari Kota Makassar, Kabupaten ini belum dijadikan sebagai  tujuan utama wisatawan di Sulawesi Selatan. Padahal, Kabupaten dengan julukukan “Bumi Turatea” ini menyimpan banyak pesona tempat menarik.
1. Air Terjun Tama’lulua Bossolo
2. Air Terjun Boro
3. Pemakaman Bangsawan Binamu
4. Air Terjun Lembah Impian
5. Bukit Gantarang Buleng
6. Pantai Birtaria Kassi, dll

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.