Peta Kabupaten Gowa

Kabupaten Gowa adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sungguminasa. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.883,32 km² dan berpenduduk sebanyak ± 652.941 jiwa. Dalam khasanah sejarah nasional, nama Gowa sudah tidak asing lagi. Mulai abad ke-15, Kerajaan Gowa merupakan kerajaan maritim yang besar pengaruhnya di perairan Nusantara. Bahkan dari kerajaan ini juga muncul nama pahlawan nasional yang bergelar Ayam Jantan dari Timur, Sultan Hasanuddin.

Peta Kabupaten Gowa 

Meskipun sebagai kerajaan, Gowa tidak lagi berjaya seperti dulu, kerajaan ini mampu memberi warisan terbesarnya, yaitu Pelabuhan Makassar. Pelabuhan yang kemudian berkembang menjadi Kota Makassar ini dapat disebut anak kandungnya, sedangkan Kerajaan Gowa sendiri merupakan cikal bakal Kabupaten Gowa sekarang.

Kota Makassar lebih dikenal khalayak dibandingkan dengan Kabupaten Gowa. Padahal kenyataannya sampai sekarang Kabupaten Gowa ibaratnya masih menjadi ibu bagi kota ini. Kabupaten yang hanya berjarak tempuh sekitar 10 menit dari Kota Makassar ini memasok sebagian besar kebutuhan dasar kehidupan kota. Mulai dari bahan material untuk pembangunan fisik, bahan pangan, terutama sayur-mayur, sampai aliran air bersih dari Waduk Bili-bili.

Kemampuan Kabupaten Gowa menyuplai kebutuhan bagi daerah sekitarnya dikarenakan keadaan alamnya. Kabupaten seluas 1.883,32 kilometer persegi ini memiliki enam gunung, di mana yang tertinggi adalah Gunung Bawakaraeng. Daerah ini juga dilalui Sungai Jeneberang yang di daerah pertemuannya dengan Sungai Jenelata dibangun Waduk Bili-bili. Keuntungan alam ini menjadikan tanah Gowa kaya akan bahan galian, di samping tanahnya subur.

Air Terjun Parangloe
Banyak penikmat wisata alam mengatakan air terjun Parangloe merupakan air terjun yang paling indah di Sulawesi selatan karena memiliki karakteristik air terjun yang bertingkat dengan susunan batu yang menarik.  Tempat ini masih sangat alami dan masih jarang orang yang berkunjung. Untuk sampai dilokasi harus melewati jalan berbatu dan menuruni jalan setapak yang lumayan terjal. Air terjun ini berada di kabupaten gowa, kecamatan parangloe sulawesi selatan, tidak jauh dari jalan poros Makassar-Malino dan berjarak kurang lebih 25 kilo meter dari kota Makasar.


Air Terjun Tombolo Pao,
Biasa juga disebut Air terjun Bantimurung Gallang. Terletak di kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa, Sekitar kurang lebih 10 kilometer dari Kota Malino. Air Terjun ini sangat indah dan mudah untuk diakses. Meskipun belum begitu terkenal, sehingga masih jarang orang yang berkunjung kesana akan tetapi Air Terjun ini memiliki keindahan alam yang bisa diandalkan. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan darat hingga 100 meter dari pusat air terjun. kita tidak perlu jauh berjalan kaki untuk menikmati hembusan angin dan air jatuh yang sejuk. dari Poros Malino hingga Tombolo Pao akses jalan aspal yang baik meskipun sedikit sempit dan berkelok kelok, dan masuk ke lokasi air terjun sekitar 400 meter menurunu jalan pengerasan yang telah diratakan.

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.