Peta Kabupaten Belu

Kabupaten Belu adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kabupaten ini beribukota di Atambua. Seacara astronomi terletak pada Koordinat: 124° 40' – 125° 15' BT dan 8° 7' – 9° 23' LS. Memiliki luas wilayah 1.284,94 km², terbagi dalam 12 kecamatan, 12 kelurahan dan 96 desa, termasuk 30 desa dalam 8 kecamatan perbatasan. Nama Lain: Rai Belu, Tasifeto, Fialaran-Lamaknen, Manuaman Lakaan.

Peta Kabupaten Belu


Kata "Belu" menurut penuturan para tetua adat bermakna "persahabatan" yang bila diterjemahkan secarah harafiah ke dalam bahasa Indonesia berarti "teman" atau "sobat". Ini merupakan makna simbol yang mendeskripsikan bahwa pada zaman dahulu para penghuni Belu memang hidup saling memperhatikan dan bersahabat dengan siapa saja. Namun secara politis oleh Pemerintah Belanda, Belu dibagi menjadi dua bagian yaitu Belu bagian utara dan Belu bagian selatan, yang hingga sekarang masih terasa pengaruhnya.

Daftar Kecamatan di Kabupaten Belu:
1. Kecamatan Lamaknen Ibukota di Weluli
2. Kecamatan Lamaknen Selatan Ibukota di Aubulak
3. Kecamatan Raihat Ibukota di Haekesak
4. Kecamatan Lasiolat Ibukota di Lahurus
5. Kecamatan Tasifeto Timur Ibukota di Wedomu
6. Kecamatan Kota Atambua Pusat
7. Kecamatan Kota Atambua Barat
8. Kecamatan Kota Atambua Selatan
9. Kecamatan Kakuluk Mesak Ibukota di Atapupu
10. Kecamatan Tasifeto Barat Ibukota di Kimbana
11. Kecamatan Nanaet Duabesi Ibukota di Laktutus
12. Kecamatan Raimanuk Ibukota di Mandeu.

Bila Atambua ditingkatkan menjadi Kotamadya maka Ibukota Kabupaten Belu bisa dibangun di Lahurus. Dan jika saja Kabupaten Belu dimekarkan lagi di Belu Bagian Barat, maka bisa dipilih Halilulik sebagai Ibukota Kabupaten Belu Barat (Belu Lorotoban) dan Kabupaten Belu di Lahurus bisa dinamai baru sebagai Kabupaten Belu Timur (Belu Lorosaen).

Moto: Husar Binan Rai Belu Tetuk No Nesak Diak No Kmanek

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.