Peta Kota Lubuklinggau

Kota Lubuklinggau adalah suatu kota setingkat kabupaten paling barat wilayah provinsi Sumatera Selatan. Kota Lubuklinggau terletak pada posisi geografis yang sangat strategis yaitu di antara provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu serta ibu kota provinsi Sumatera Selatan (Palembang) dan merupakan jalur penghubung antara Pulau Jawa dengan kota-kota bagian utara Pulau Sumatera. Kota ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas.

Peta Kota Lubuklinggau 


Secara astronomi Kota Lubuklinggau terletak pada posisi antara 102 º 40' 0” - 103 º 0' 0” bujur timur dan 3 º 4' 10” - 3 º 22' 30” lintang selatan, berbatasan langsung dengan kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Status kota untuk Lubuklinggau diresmikan pada 17 Agustus 2001.



Beberapa tempat wisata yang ada di Kota Lubuklinggau:
1. Bukit Sulap, yang letaknya sekitar 2 Km dari pusat kota diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, H.Alex Noerdin pada tahun 2014. Tempat wisata ini sudah dilengkapi toko-toko dan warung-warung. Bukit Sulap akan dilengkapi oleh inclinator yang akan selesai pada tahun 2016.

2. Air Terjun Temam atau disebut juga "Niagara Lubuklinggau", yang letaknya sekitar 8 Km sudah dilengkapi toko-toko dan warung-warung. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan yang dibangun oleh PT LINGGAU BISA. Pada malam hari, Air Terjun Temam akan terlihat lebih bagus karena dilengkapi dengan lampu sorot.

3. Masjid Agung As Salam, merupakan masjid terbesar di Kota Lubuklinggau. Masjid ini dilengkapi dengan Taman Kurma (eks Lapangan Merdeka) yang pohon kurmanya didatangkan langsung dari Arab. Masjid ini dilengkapi juga dengan air mancur menari-nari yang akan menari setiap adzan, serta nantinya dilengkapi juga menara kapsul.

4. Museum Subkoss Garuda, terletak di dekat Masjid Agung As Salam, berisi peninggalan-peninggalan di Lubuklinggau. Peninggalan-peninggalan di museum kebanyakan alat-alat saat perang kemerdekaan.

Kota Lubuklinggau memiliki alat transportasi seperti angkutan kota, becak, dan ojek. Lubuklinggau memiliki sebuah bandara, yaitu Bandar Udara Silampari yang berjarak sekitar 5 Km dari pusat kota. Bandara sampai saat ini melayani rute menuju Jakarta dengan maskapai Nam Air.
Lubuklinggau juga memiliki stasiun kereta api, yaitu Stasiun Lubuklinggau yang terletak di dekat pusat kota. Stasiun ini melayani rute ke Palembang dengan Kereta api Selero dan Sindang Marga.

Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.