Peta Kabupaten Sigi

Kabupaten Sigi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibukotanya adalah Bora yang berada di Kecamatan Sigi Biromaru. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Donggala.

Peta Kabupaten Sigi 


Kabupaten Sigi memiliki luas 5.196 km2 dengan jumlah penduduk 217.874 jiwa. Tanggal peresmian kabupaten Sigi yaitu pada 21 Juli 2008.

Kabupaten Sigi terbagi atas 15 kecamatan, yaitu:
  1. Kecamatan Dolo
  2. Kecamatan Dolo Barat
  3. Kecamatan Dolo Selatan
  4. Kecamatan Gumbasa
  5. Kecamatan Kinovaro
  6. Kecamatan Kulawi
  7. Kecamatan Kulawi Selatan
  8. Kecamatan Lindu
  9. Kecamatan Marawola
  10. Kecamatan Marawola Barat
  11. Kecamatan Nokilalaki
  12. Kecamatan Palolo
  13. Kecamatan Pipikoro
  14. Kecamatan Sigi Biromaru
  15. Kecamatan Tanambulawa

Taman Nasional Lore Lindu
Terdapat flora dan fauna endemik Sulawesi, seperti Anggrek Hitam, Kuskus, Babi Rusa, Anoa dan lain-lain. Taman Nasional Lore Lindu juga memliki keunikan, yaitu sebuah danau yang bernama "Lindu". Danau ini berada di wilayah kaki Gunung Nokilalaki dengan ketinggian 2355 meter di atas permukaan laut. Kata Lindu sendiri dalam bahasa Kaili adalah Belut. Danau Lindu menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan ikan air tawar.

Desa Pakuli
Di desa ini kita dapat menyaksikan burung Maleo bertelur. Kawasan ini berlokasi di Kecamatan Gumbasa yang berjarak 41 km dari kota Palu, ibu kota provinsi Sulawesi Tengah. Selain itu, desa ini pula terdapat kebun budidaya obat tradisional dan hal ini sesuai dengan nama desa tersebut "Pakuli" yang dalam bahasa lokal berarti obat.

Moto: Mareso Masagena

Comments