Peta Kabupaten Mamuju

Kabupaten Mamuju adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. Dengan luas wilayah 8.014,06 Km2, Jumlah penduduk 283.528 jiwa pada tahun 2005. Ibukotanya adalah Mamuju.

Peta Kabupaten Mamuju


Dengan luas wilayah 8.014,06 Km2, berarti tingkat kepadatan penduduk daerah ini sekitar 35,4 jiwa/Km2. Ada tiga kecamatan yang tingkat kepadatan penduduknya di atas 200, yaitu Kecamatan Mamuju (235,5 jiwa/Km2), Kecamatan Simboro dan Kepulauan (215,7 jiwa/Km) dan Kecamatan Tobadak (208,4 jiwa/Km2). Sementara itu kecamatan yang kepadatan penduduknya tergolong rendah dengan kepadatan di bawah 10 adalah Kecamatan Bonehau dan Kecamatan Kalumpang dengan tingkat kepadatan penduduk masing-masing 7,8 dan 6 jiwa/Km2.

Untuk menembus daerah pedalaman, warga harus menggunakan mobil dengan penggerak 4 roda. Infrastruktur yang buruk terlihat pada kondisi jalan antara Kota Mamuju dan Mamuju Utara. Jalan sepanjang 275 kilometer itu masih bergelombang dan berbatu. Butuh waktu tempuh 8-9 jam untuk mencapainya.

Ibu Kota Kabupaten Mamuju statusnya akan dinaikkan menjadi Kota Madya. Sekaligus menjadi Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat. Kecamatan yang akan bergabung di Kota Mamuju, antara lain :

  • Kecamatan Mamuju
  • Simboro dan Kepulauan
  • Tapalang
  • Tapalang Barat
  • Kepulauan Bala-Balakang

Apabila Kota Mamuju telah dinaikkan menjadi Kota Ibu Kota Kabupaten Mamuju akan dipindahkan ke Kalukku.

Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.