Peta Kabupaten Kolaka Timur

Kabupaten Kolaka Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kolaka Timur merupakan hasil pemekaran  dari Kabupaten Kolaka yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB).

Peta Kabupaten Kolaka Timur


Ibukota Kabupaten Kolaka Timur adalah Tirawuta. Hari ulang tahun atau hari jadinya yaitu tanggal 23 april 2013. Kabupaten ini memiliki luas 3.634,74 km² dengan jumlah penduduk 123.507 jiwa.
Kabupaten Kolaka Timur dibagi menjadi 13 kecamatan, antara lain:

  1. Ladongi
  2. Lalolae
  3. Lambandia
  4. Loea
  5. Mowewe
  6. Poli Polia
  7. Tinondo
  8. Tirawuta
  9. Uluiwoi
  10. Dangia
  11. Aere
  12. Ueesi

Air Terjun Tetewa terletak di Kec. Ueesi desa Tongauna. Menurut cerita sumber air terjun berasal dari kali Konaweeha dan pertemuanya di Kali kecil  Liku Wala Napo sehingga disebut Konawe Ndekale. Air terjun Tetewa memiliki air yang sangat jernih, bersih dan dapat diminum secara langsung.

Situs Batu Tapak Mowewe, Konon kbarnya Situs Batu Tapak Mowewe merupakan batu letupan yang jatuh dari luar angkasa, namun unik nya oada batu tersebut terdapat telapak kaki manusia, kerbau, rusa dan binatang lainnya. Panjang batu tersebut 4 meter dan tingginya 1 meter yang terletak dipinggir sunggai mowewe. Masyarakat setenpat percaya bahwa bila batu tersebut disirami air maka dengan seketika hujan akan turun.   

Air Terjun Karemotingge berada pada suatu kawasan hutan yang masih alami. Jarak dari Kolaka Timur 8 km dengan kondisi jalan dalam pengerasan memasuki air terjun. Untuk memasuki kawasan hutan tersebut kita akan menikmati tanaman-tanaman seperti coklat, merica, kelapa sawit dan persawaan dengan suasana alam yang sejuk.

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.