Peta Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dengan pusat pemerintahan berlokasi di Tutuyan. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow. 

Peta Kabupaten Bolaang Mongondow Timur 


Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dikaruniai Tuhan Yang Maha Kuasa dengan alam yang memesona. Satu objek wisata yang menjadi ikon adalah Danau Mooat.
Era tahun 90-an, danau ini sangat favorit. Danau yang berhawa sejuk satu-satunya di Bolaang Mongondow Raya dengan seluas 652,6 hektare ini laik dibanggakan dan dijadikan ikon wisata oleh warga Boltim.

Danau ini pernah menjadi destinasi wisata nasional. Dikelilingi hutan lindung dan cagar alam Gunung Ambang makin membuat objek wisata ini memesona, selain bisa menyediakan wisata rekreasi dan wisata bahari.
Lokasi ini menawarkan wisata agrowisata perkebunan hortikultura seluas 432,6 hektare, wisata pendakian Gunung Ambang, dan wisata kuliner yang mulai digiatkan masyarakat di jalan menuju Danau Mooat.

Sayangnya, fasilitas dalam objek wisata yang dihibahkan Pemda Bolmong pada 2013 silam ini sudah sangat memprihatinkan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Boltim Max Iswadi Mokodompit mengakui banyaknya potensi wisata di Boltim.
Namun pemda kekurangan anggaran untuk pengelolaannya sehingga masih fokus membangun objek wisata Danau Mooat dan Pantai Woka.

Comments