Peta Kabupaten Seluma

Kabupaten Seluma adalah salah satu kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia dengan ibu kotanya Tais, terbentuk berdasarkan UU No. 3, Tahun 2003, Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Dulunya Kabupaten ini masuk dalam Kabupaten Tertinggal alasannya Kabupaten ini pendudunya sedikit, dan belum sama sekali berkembangnya potensi Unggulan daerah, tetapi sejak tahun 2008 Kabupaten ini bukan Lagi kabupaten tertinggal karena Padi telah menjadi Potensi Unggulan Kabupaten ini. Penduduknya sekitar 297.876 jiwa dengan komposisi 145.180 jiwa laki-laki dan 129.187 jiwa perempuan.

Peta Kabupaten Seluma


Objek wisata Batu Bekinyau
Salah satu Objek wisata yang ditawarkan kabupaten Seluma adalah Objek wisata batu bekinyau, dinamakan Batu Bekinyau karena sesuai dengan namanya “Bekinyau” yang berarti memantulkan cahaya. Objek wisata ini Terletak di desa Lunjuk Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma, 1 jam perjalannan dari kota Bengkulu.

Wisata Air terjun lubuk Resam
Wisata dengan keaslian alam yang masih terjaga ini Terletak +/- 35 Km dari pusat kota kabupaten, tepatnya di desa Lubuk resam Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, karena terdiri dari 5 baris air terjun pada satu dinding karang dengan ketinggian +/- 70 m.

Wisata Arung Jeram Sungai Seluma
Batu-batu besar, alur sungai yang sempit dan deras serta berbagai macam tantangan dapat dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satunya Hulu Sungai Seluma di desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma.


Wisata Bendungan Seluma
Merupakan sebuah bendungan besar yang dibangun untuk mengairi persawahan penduduk sepanjang aliran Sungai Seluma. Obyek wisata bendungan seluma mulai tahun 2007 akan dikembangkan obyek wisata kepada pengembangan wisata bendungan seluma melalui program multi years selama 3 tahun. 

Wisata Alam Goa Seluma
Di wilayah Kabupaten Seluma sangat banyak terdapat goa-goa yang menarik untuk dijadikan kawan wisata. Diantaranya terdapat di desa Lubuk Resam kecamatan Seluma Utara. Goa-goatersebut tersebar di beberapa tempat dengan radius yang tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya. Selama ini goa tersebut merupakan tempat yang paling sering dikunjungi oleh para siswa dan mahasiswa.

Objek Wisata Pantai Seluma
terletak di desa Pasar seluma, +/-12 Km dari pusat kota Tais. Sangat terkenal karena pantainya yang landai, denga pasir putih yang luas membentang serta ombaknya yang bervariasi. Memanjang dari Muara Sungai Seluma ke arah Selatan dan sangat cocok bila dikembangkan menjadi lokasi olahraga Selancar (surfing) dan memancing.

Taman Buru Nasional Semidang Bukit Kabu
Kawasan Semidang Bukit Kabu merupakan Taman Buru Nasional yang mempunyai luas sekitar 15.300Ha. yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian. Dikawasan ini masih banyak terdapat satwa langka yang dilindungi, seperti : Harimau Sumatera, Rusa, Menjangan, babi hutan dan berbagai jenis hewan langka lainnya.
Kawasan ini merupakan surga bagi pemburu untuk beburu babi, dan merupakan satu-satunya jenis hewan yang diizinkan untuk diburu dengan menggunakan senjata api atau berburu tradisional, dan bagi yang menggunakan senjata api harus mendapat izin. Taman buru ini terletak di Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Utara. Jarak ke lokasi sekitar 20Km dari Kota Bengkulu.

Moto: Serawai Serasan Seijoan

Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.