Peta Kabupaten Merangin

Kabupaten Merangin adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayahnya 7.668.61 km². dengan populasi 335.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Bangko. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Sarolangun-Bangko.

Peta Kabupaten Merangin


Suku Melayu adalah penduduk asli Kabupaten Merangin yang terbagi menjadi dua yaitu suku Batin dan suku Penghulu, mereka menetap di sepanjang aliran sungai yang ada di Kabupaten Merangin seperti di sepanjang aliran Batang Merangin, Batang Masumai, dan Batang Tabir. Sedangkan suku Anak Dalam (SAD) suku asli kedua Merangin yang menetap di hutan Merangin. Selain itu di Kabupaten Merangin juga terdapat suku-suku pendatang seperti dari Kerinci, Minang, Palembang, Bengkulu Jawa, Batak, Tionghoa, Arab, India, dll.

Gunung Masurai adalah Gunung yang secara Administatif terletak dalam tiga wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang dan secara peruntukan kawasan berada dalam kawasan Hutan Konservasi, yakni kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.
Berada disebelah barat daya dari Kota Bangko dengan jarak sekitar 110 km. Gunung ini memiliki dua buah danau vulkanik, yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabuk.

Pada sebalik gunung ini pula, memancarkan beberapa sumber mata air. Adalah yang telah dikenal namakan oleh banyak orang dan masyarakat umum adalah mata air Batang Tembesi yang sumbernya terletak disisi utara gunung ini, serta mengairi sumber-sumber penghidupan masyarakat desa yang bermukim dan bertempat tinggal di sekitar kaki Gunung ini, di antaranya adalah desa-desa di Kecamatan Sungai Tenang.

Batang Tembesi adalah salah satu sungai utama di antara sekian banyak sungai yang bermuara ke sungai utama yang ada di Provinsi Jambi dengan kata lain merupakan Sub DAS Batanghari. Selain itu, masih ada juga beberapa sumber mata air seperti yang terletak disisi selatannya. karena itu pula keberadaan sumber mata air yang bersumber dari gunung ini sangatlah dijaga keberadaan dan juga kelestariannya.

Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.