Peta Kabupaten Flores Timur

Kabupaten Flores Timur adalah sebuah kabupaten di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibukota nya Larantuka. Luas 3.079,2 km2 dengan jumlah penduduk 232.605 jiwa (2010). Masyarakat Flores Timur terikat dengan adat-istiadat serta tata cara yang telah menjadi tradisi dari generasi ke generasi yang menjadikannya sebagai masyarakat yang sangat menghargai etnis, budaya, agama dan ras yang lain di dalam tatanan kehidupan dan bermasyarakat.

Peta Flores Timur

Wilayah Kabupaten Flores Timur dibagi menjadi 19 Kecamatan, yaitu:
  1. Adonara Barat
  2. Adonara Timur
  3. Ile Boleng
  4. Ile Mandiri
  5. Kelubagolit
  6. Larantuka
  7. Solor Barat
  8. Solor Timur
  9. Tanjung Bunga
  10. Titihena
  11. Witihama
  12. Wotan Ulu Mado
  13. Wulanggitang
  14. Demon Pagong
  15. Lewolema
  16. Ile Bura
  17. Adonara
  18. Adonara Tengah
  19. Solor Selatan
Sebagian besar penduduknya beragama Katolik, diikuti Islam, Hindu dan Buddha. Masyarakat Flores Timur terikat dengan adat-istiadat serta tata cara yang telah menjadi tradisi dari generasi ke generasi yang menjadikannya sebagai masyarakat yang sangat menghargai etnis, budaya, agama dan ras yang lain di dalam tatanan kehidupan dan bermasyarakat.

Atraksi Menarik di Flores Timur
  • Upacara Keagamaan Paskah-"Semana Santa", dimana penduduk kota biasa melakukan perarakan membawa Patung Yesus dan Bunda Maria sebagai Pelindung dan Penyelamat umat manusia umumnya dan masyarakat Larantuka khususnya untuk diarak mengelilingi kota Larantuka.
  • Pembuatan Tenun Ikat atau semacam kain yang proses pembuatan sampai menjadi kain yang siap dipakai menggunakan cara tradisional.
  • Wisata Bahari, yaitu menikmati pantai dan pulau yang indah atau juga melakukan kegiatan seperti scuba, snorkling atau renang karena pantai dan laut yang terhampar semuanya masih perawan dan belum dirusak oleh tangan ataupun limbah, baik industri ataupun rumah tangga.
Usulan Pemekaran Kabupaten Adonara yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Flores timur telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Namun Pemerintah belum bisa melanjutkan pembahasan usulan pembentukan 65 Daerah Otonomi Baru (DOB) yang diusulkan oleh DPR RI, di mana di dalamnya terdapat usulan Daerah Otonom Baru dari Nusa Tenggara Timur, yakni Kota Maumere (Pemekaran Kabupaten Sikka) dan Kabupaten Adonara (Pemekaran Kabupaten Flores Timur).

Comments