Mitos Kesehatan yang Salah

Selama ini, kita banyak mendengar berbagai mitos - mitos kesehatan yang beredar luas dari mulut kemulut. Sebagian orang menganggapnya sebagai kebenaran, padahal tidak semua mitos yang beredar itu benar. Diantaraanya :

1. Melangsingkan tubuh adalah dengan makan sedikit mungkin.
Jika kita makan sangat sedikit, berat badan kita akan turun cepat, yang tampaknya sangat efektif. Tapi dalam jangka panjang hal itu buruk bagi kesehatan maupun berat badan kita. Jika kita makan terlalu sedikit, kita akan kekurangan vitamin dan mineral sehingga lemah dan lelah. Tubuh kita akan kekurangan energi yang diperlukan dan akan mencari sumber energi alternatif dengan membakar lemak otot. Metabolisme tubuh juga melambat, karena massa otot berkurang membuat pembakaran lebih lambat. Tubuh kita menjadi sangat efisien. Bila kita kemudian putus diet dan makan lebih banyak (mayoritas orang melakukannya), maka kombinasi efisiensi dan asupan kalori berlebih akan membuat berat badan kita cepat naik kembali. Seringkali berat kita lebih dari sebelumnya. Ini sering disebut efek yoyo. Cara terbaik menjadi langsing adalah dengan program bertahap yang mengkombinasikan penurunan asupan kalori dan peningkatan pembakarannya.

2. Membaca dalam kegelapan bisa merusak mata.
Pernahkah kalian dinasihati agar tidak membaca dalam gelap karena dapat merusak mata ?
Sebenarnya membaca dalam kegelapan hanya akan melelahkan mata tetapi tidak merusak mata kita.

3. Stress dapat membuat rambut beruban dalam semalam.
Bukti memang menunjukkan bahwa stress dapat mempercepat rambut beruban. Seseorang yang mengalami ketegangan dan kesedihan dalam waktu lama dapat lebih cepat memiliki rambut beruban. Namun, prosesnya tidak dalam satu malam. Proses perubahan warna rambut menjadi abu-abu terjadi secara bertahap. Pola perubahan warna biasanya bersifat genetik, ada rambut yang tetap hitam ada juga yang berubah abu-abu.

4. Jantung ada di sebelah kiri dada

Hampir setiap orang bila ditanya di mana letak jantung maka akan memegangi dada sebelah kiri. Ini adalah pemahaman yang salah. Jantung terletak hampir di tengah-tengah dada kita, tersimpan aman di belakang rongga dada.

5. Cara terbaik mengatasi cegukan adalah dengan meminum air.
Secara medis, tidak ada bukti efektivitas meminum air atau menahan nafas dalam mengatasi cegukan. Sebaliknya, menurut rekomendasi lama dari New England Journal of Medicine (1971), menelan sesendok butiran gula pasir justru lebih efektif. Menurut studi itu, taktik ini berhasil menghentikan cegukan pada 19 dari 20 pasien.

6. Kita hanya menggunakan 10 persen otak kita.
Sejumlah studi pencitraan otak telah menunjukkan bahwa tidak ada satu wilayah pun di otak yang benar-benar diam atau tidak aktif. Pencitraan otak secara rinci telah gagal mengidentifikasi 90 persen isi otak yang “tidak termanfaatkan”. Mitos bahwa otak kita baru sebagian kecil saja yang dimanfaatkan mungkin berasal dari para penjual yang mencoba menawarkan “inovasi baru” dalam meningkatkan kemampuan otak.

7. Mencukur membuat rambut tumbuh kembali lebih cepat dan kasar.
Waxing, mencukur atau mencabut rambut tidak akan mengubah tekstur atau kecepatan pertumbuhannya. Rambut yang baru tumbuh kembali memang tumpul, tapi lama-kelamaan akan tampak sama seperti rambut kita yang sebelumnya.

8. Kedinginan membuat kita rentan terkena flu
Sebuah penelitian pernah dilakukan di Common Cold Research Unit, Salisbury, Inggris, di mana sekelompok relawan diinokulasi dengan virus selesma yang didekatkan ke hidung mereka. Setengah kelompok ditempatkan di ruangan yang hangat sedangkan sisanya mandi dan basah kuyup selama setengah jam, kemudian berpakaian tapi memakai kaus kaki basah selama beberapa jam lagi. Kelompok basah tidak terkena flu lebih banyak daripada kelompok kering. Jadi, kesimpulannya kedinginan tidak memengaruhi sistem kekebalan tubuh.
sumber:http://otakmuda.blogspot.com/2011/07/mitos-kesehatan-yang-salah.html
Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.