Peta Kabupaten Manggarai Timur

Kabupaten Manggarai Timur adalah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ibukota nya adalah Borong. Luas wilayah 2.643,41 km2 dengan jumlah penduduk 232.020 jiwa. Kabupaten ini belum resmi tetapi telah disetujui RUU pendiriannya oleh DPR RI pada tanggal 17 Juli 2007.

Peta Kabupaten Manggarai Timur


Daftar Kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur
  1. Poco Ranaka
  2. Borong
  3. Kota Komba
  4. Lamba Leda
  5. Elar
  6. Sambi Rampas
  7. Elar selatan, manggarai timur/ Wukir
  8. Rana Mese
  9. Poco Ranaka Timur
Kabupaten Manggarai timur lahir dari kesadaran dan cita-cita. Kesadaran akan fakta pembangunan yang belum maksimal dan cita-cita untuk mengubah keadaan, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta pemerataan pembangunan.

Dalam rekam peristiwa, wacana pembentukkan Kabupaten Manggarai Timur telah digullirkan sejak 1986. Berbagai elemen masyarakat berjuang agar Kabupaten Manggarai dibagi menjadi tiga yakni Manggarai Barat, Manggarai Tengah dan Manggarai Timur. Wacana ini lahir dari kesadaran bahwa wilayah Manggarai terlalu luas. Jika dimekarkan, kualitas pelayanan publik akan lebih baik dan tepat sasaran.

Pendekatan demi pendekatan gencar dilakukan. Puncak dari perjuangan ini adalah lahirnya Undang Undang Nomor 36 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Manggarai Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang disahkan pada tanggal 17 Juli 2007.

Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.