Peta Kabupaten Kupang

Kabupaten Kupang adalah salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini berlokasi di Oelamasi mulai 22 Oktober 2010, setelah sebelumnya berlokasi di Kota Kupang sejak tahun 1958. Kabupaten Kupang terletak di antara 9º19 – 10º57 Lintang Selatan dan 121º30 – 124º11 Bujur Timur. Jumlah penduduknya pada tahun 2009 sebanyak 302.685 jiwa.

Peta  Kabupaten Kupang


Kabupaten Kupang mempunyai 24 kecamatan, 160 desa dan 17 kelurahan. Kecamatan tersebut adalah : 
Amabi Oefeto, Amabi Oefeto Timur, Amarasi, Amarasi Barat, Amarasi Timur, Amarasi Selatan, Amfoang Selatan, Amfoang Tengah, Amfoang Barat Daya, Amfoang Barat Laut, Amfoang Utara, Amfoang Timur, Fatuleu, Fatuleu Tengah, Fatuleu Barat, Kupang Barat, Kupang Tengah, Kupang Timur, Nekamese, Sulamu, Semau, Semau Selatan, Taebenu, Takari.

Potensi sumber daya alam di Kabupaten Kupang meliputi batu mangan (kelas dunia), batu marmer, batu hias/warna-warni, pasir besi, pasir dan gelombang pantai untuk pariwisata, potensi laut (mutiara, ikan,dan rumput laut), potensi garam (kualitas dunia), padang penggembalaan, ternak dan satwa liar, lahan sawah dan kebun, gua dan hutan alam, madu, air terjun, sumber air panas, angin dan panas matahari, potensi mineral lain dibawah tanah (emas,nikel) dan lain-lain.

Pantai Manikin di Tarus, Kecamatan Kupang Tengah. Berjarak 20 km dari Kota Kupang dan 36 km dari Oelamasi Kabupaten Kupang. Spesifikasi daya tarik memiliki panorama alam, hamparan pasir putih yang indah. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Disamping sebagai tempat rekreasi (mandi, berenang) dan kegiatan kemping, dapat menikmati makanan lokal seperti jagung bakar, ubi rebus, pisang rebus dan lain-lain. Dapat dijangkau dengan transportasi umum atau pribadi.

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.