Peta Kabupaten Dompu

Kabupaten Dompu, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Dompu. Kabupaten ini berada di bagian tengah Pulau Sumbawa. Wilayahnya seluas 2.321,55 km² dan jumlah penduduknya 218.973 jiwa (2010). Kabupaten Dompu berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa dan Teluk Saleh di barat, Kabupaten Bima di utara dan timur serta Samudera Hindia di selatan.

Peta Kabupaten Dompu


Dompu terkenal sebagai penghasil susu kuda liar dan madu. Selain itu Dompu juga dikenal sebagai daerah yang kaya akan keragaman genetik hewan penghasil daging misalnya kerbau rawa atau kerbau lumpur (sahe dalam bahasa Dompu) yang selama ini belum juga diketahui tingkat keragaman genetiknya dengan kerbau di daerah lain untuk menambah sumber informasi akan kekayaan plasma nutfah di Dompu akan segera dilakukan penelitian yang akan memberikan hasil nyata dari pertanyaan oleh pakar kerbau selama ini. Budaya masyarakat Dompu sangat dekat dengan Kabupaten Bima, Meskipun terdapat sedikit perbedaan dari logat dan bahasanya.

Kabupaten Dompu dengan ibukota di Dompu terdiri dari 8 kecamatan, yaitu:
  1. Dompu, jumlah penduduk = 49.854 jiwa
  2. Hu'u, jumlah penduduk = 16.050 jiwa
  3. Kempo, jumlah penduduk = 18.185 jiwa
  4. Kilo, jumlah penduduk = 11.971 jiwa
  5. Manggelewa, jumlah penduduk = 27.777 jiwa
  6. Pajo, jumlah penduduk = 12.545 jiwa
  7. Pekat, jumlah penduduk = 30.887 jiwa
  8. Woja, jumlah penduduk = 51.704 jiwa
Di Kabupaten Dompu terdapat 19 buah sungai besar dengan debit yang bervariasi. Pada musim hujan sering terjadi kebanjiran yang kadang-kadang merusak tanaman pertanian ataupun pemukiman penduduk. Selanjutnya disamping 19 buah sungai besar tersebut masih ada beberapa buah sungai kecil serta mata air yang berair sepanjang tahun sebagai sumber penghidupan masyarakat.

Moto: Nggahi Rawi Pahu
Julukan: Afrikaanse van Samawa

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.