Lukisan termahal Gustav Klimt seharga 787M

Lukisan Gustav Klimt yang dibuat sekitar tahun 1907 menjadi salah satu karya seni termahal di Eropa yang pernah terjual. Lukisan dengan judul Bauerngarten (Taman Bunga), terjual di Sotheby's dengan nilai 47.971.250 pound sterling atau sekitar Rp 787 miliar.

Gustav Klimt dalah seorang seniman berkebangsaan Austria. Lahir di Baumgarten, Austria tanggal 14 Juli 1862. Meninggal pada 6 Februari 1918 di usia 55 tahun. Seorang pelukis yang memiliki aliran Symbolists dan Art Noveau. Anggota dari Art Noveau Wina (Vienna Art Noveau). Karya-karyanya kini banyak dipamerkan di Vienna Secession Gallery. Karyanya berupa lukisan, mural, dan sketsa.Kebanyakan dari lukisannya memiliki subjek tubuh wanita dan cenderung berbau erotis . 

Lukisan tersebut merupakan lukisan termahal ke tiga di Eropa, setelah Walking Man karya Alberto Giacometti (65.001.250 pound sterling) dan The Massacre Of The Innocents karya Peter Paul Rubens (49.506.648 pound sterling).

Dikutip dari The Telegraph, Kamis (2/3/2017), Global Co-Head Sotheby's Impressionist & Modern Art Department dan Chairman Sotheby's Eropa, Helena Newman, mendeskripsikan lukisan tersebut sebagai salah satu karya luar biasa yang pernah dilelang.

"Komposisi inovatif dan karya layaknya perhiasan karena warna yang sangat indah, itu merupakan salah satu karya seniman paling luar biasa yang pernah dilelang."

Gustav Klimt, Bauerngarten mit Sonnenblumen, 110 × 110 cm, oil on canvas, 1907,
at Austrian Gallery Belvedere

"Sebagian besar lukisan minyak pada kaliber artis seperti ini berada di museum besar di seluruh dunia, dengan hanya segelintir karya penting yang dilelang dalam sepuluh tahun terakhir," ujar Newman.

Selain Bauerngarten, Plant de tomates karya Pablo Picasso, Portrait of Baranowski karya Amedeo Modigliani, dan La Femme aux mangos karya Paul Gauguin turut dilelang.

Lukisan Bauerngarten karya Klimt yang menggambarkan kelimpahan bunga poppy, aster, dan mawar itu pada tahun lalu dipamerkan di Royal Academy's Painting the Modern Garden dan menjadi karya seniman Golden Year yang dilelang.

source: msn.id
lelanglukisan masetro.

Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.