Peta Kabupaten Padanglawas

Kabupaten Padang Lawas adalah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia, yakni hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kabupaten ini resmi berdiri sejak diundangkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 38 Tahun 2007, tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2007, bersamaan dengan dibentuknya Kabupaten Padang Lawas Utara, menyusul RUU yang disetujui pada 17 Juli 2007. Ibukota kabupaten ini adalah Sibuhuan. Kepala Daerah yang pertama kali memimpin Kabupaten Padang Lawas adalah Pj. Bupati, Ir. Soripada Harahap.

Peta Kabupaten Padanglawas


sebagian Situs arkeologi Padang Lawas terletak  di kabupaten ini. Mencakup daerah sekitar 1.500 km², situs arkeologi ini meliputi Kecamatan Barumun, Kecamatan Barumun Tengah, dan Kecamatan Sosopan sampai ke Kabupaten Padang Lawas Utara.

Di Kabupaten Padang Lawas banyak terdapat potensi wisata khususnya wisata wisata alam dan wisata budaya. Potensi-potensi ini belum sempat dikelola oleh pemerintah secara maksimal. Beberapa tempat Wisata di Kabupaten Padang Lawas antara lain sebagai berikut:

Pemandian Aek Siraisan di Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun
Pemandian Aek Milas di Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun
Makam Oppu Parmata Sapihak di Desa Binabo, Kecamatan Barumun
Danau Gayambang di Ujung Batu, Kecamatan Sosa
Candi Sipamutung di desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah
Candi Tandihat di Desa Tandihat, Kecamatan Barumun Tengah
Candi Sangkilon di desa Sangkilon, Kecamatan Lubuk Barumun

Comments

  1. kalo bisa tolong di lampirkan peta per kecamatan, tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf untuk per kecamatan belum ada pak

      Delete
  2. Saya mohon buatkan peta kabupaten padang lawas dilengkapi dengan letak atau posisi desa desa yg ada di kabupaten ini, serta batas batas kecamatannya utk pembelajaran bagi anak sekolah dan umum. Dan untuk kelengkapan administrasi

    ReplyDelete

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.