Peta Kabupaten Nias

Kabupaten Nias terletak di bagian utara Pulau Nias dan merupakan salah satu kabupaten dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara, memiliki luas wilayah 143.864,32 Ha yang terdiri dari luas daratan 85.342,32 Ha dan laut seluas 58.522,00 Ha. 

Peta Kabupaten Nias


Kabupaten Nias terletak di daerah khatulistiwa sehingga curah hujan cukup tinggi. Curah hujan dalam setahun 3.287 MM atau rata-rata 274 MM per bulan, dengan banyaknya hari hujan dalam setahun 271 hari atau rata-rata 22 hari per bulan pada tahun 2003. Akibat tingginya curah hujan menyebabkan kondisi alamnya sangat lembab dan basah. Musim kemarau dan hujan silih berganti sepanjang tahun.

Kabupaten Nias memiliki sungai-sungai besar dan kecil yang berfungsi sebagai sumber air bagi pertanian dan sarana air bersih bagi masyarakat. Disamping itu, struktur batuan dan susunan tanah yang labil mengakibatkan sering terjadi banjir bandang yang mengakibatkan patahan jalan-jalan aspal dan longsor disana sini, bahkan sering ditemui daerah aliran sungai yang berpindah-pindah.

Comments