Beda land use dan land cover (penggunaan lahan - tutupan lahan)

Banyak dari kita telah mendengar penggunaan kata-kata lahan dan tutupan lahan, tapi apakah kita benar-benar mengerti apa kata-kata ini artinya? Istilah-istilah ini sering keliru digunakan secara bergantian. Namun, setiap istilah memiliki makna yang sangat spesifik.

Penggunaan lahan umumnya didefinisikan sebagai serangkaian operasi di darat, yang dilakukan oleh manusia, dengan maksud untuk mendapatkan produk dan / atau manfaat melalui menggunakan sumber daya lahan.
Tutupan lahan umumnya didefinisikan sebagai vegetasi (alam atau ditanam) atau konstruksi buatan manusia (bangunan, dll) yang terjadi pada permukaan bumi. Air, es, batu yang gundul, pasir dan setara permukaan juga dihitung sebagai tutupan lahan.

Penggunaan lahan dan tutupan lahan memiliki beberapa perbedaan mendasar. Penggunaan lahan mengacu pada tujuan tanah berfungsi, misalnya perumahan, rekreasi, habitat satwa liar atau pertanian; tidak menggambarkan penutup permukaan tanah. Misalnya, penggunaan lahan rekreasi bisa terjadi di hutan, semak, padang rumput atau rumput terawat.

Tutupan lahan mengacu pada penutup permukaan tanah, apakah vegetasi, infrastruktur perkotaan, air, tanah gundul atau lainnya; tidak menggambarkan penggunaan lahan, dan penggunaan lahan mungkin berbeda untuk tanah dengan jenis penutup yang sama. Misalnya, jenis tutupan lahan hutan dapat digunakan untuk produksi kayu, pengelolaan satwa liar atau rekreasi; mungkin tanah pribadi, DAS dilindungi atau taman negara populer.

Singkatnya, penggunaan lahan menunjukkan bagaimana orang menggunakan /  memanfaatkan tanah, apakah untuk perumahan, jalan, perkantoran, pertanian atau lainnya. sedangkan tutupan lahan menunjukkan jenis tanah fisik. Kedua jenis data yang paling sering diperoleh dari analisis baik satelit atau foto udara.

Memahami baik penggunaan lahan dan tutupan lahan dari track tanah memberikan gambaran yang komprehensif dari daerah tertentu. Data ini adalah komponen fundamental dari perencanaan dan pengambilan keputusan proses bagi banyak masyarakat karena membantu mereka untuk memahami lebih baik di mana untuk merencanakan berbagai jenis pertumbuhan dan mana untuk melestarikan; juga membantu mereka untuk memahami konektivitas atau fragmentasi berbagai fitur dalam komunitas mereka.
Silahkan lihat juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.