Kuliner Sekitar UNS

Seiring bertambahnya jumlah mahsiswa dari tahun ke tahun (tiap taun kampus nambah kuota maru ya, atau mahasiswanya pada gak lulus-lulus n ketambahan yang baru?? wkwk pisss no offense..) jumlah tempat bersantap juga semakin banyak, warung 24jam juga siap melayani mahasiswa-mahasiswa yang bergaya kalong kapan saja. Oke gak pake ribet, inilah beberapa tempat yang biasa buat kuliner di sekitar Kampus UNS. Gambar dasar diambil dari Google Earth.
 peta kuliner sekitar kampus


Keterangam nomer:
1.      Warung / hik Pak Ran, lokasinya jl surya2, perempatan paling bawah. Menu utamanya nasi sayur seperti kangkung, kacang, rebung dengan lauk tempe tahu, ikan, ayam. Untuk sehari-hari say sering kesini. Pak Ran penggemar olahraga terutama sepakbola dan motogp, kalo kamu fans Chelsea pasti akan disambut dengan obrolan yang antusias hehe, saya sendiri lebih suka liverpool.
2.      Warung bu Tandur, lokasi sebelah utara masjid baitussalam sawah karang. Menu utama sayur kacang, nasi pecel, sambal terong. Kalo disini saya lebih suka sambal terong dan es tehnya.
3.      Deretan Bangjo belakang kampus, kalo siang ada tahu kupat. Malam hari ada fuyunghai, sate ayam Madura dan nasi goreng. Untuk sekitar kampus sate ayam Madura ini masih yang paling maknyuss.
4.      Hik Koyor. Lokasinya jalan kartika, as gross masih terus, kiri jalan depan gapuro kampung Gulon. Kalo ingin menyantap koyor hik ini yang jadi pilihan saya.
5.      Mie Ayam Jamur, lokasi depan bengkel uns.
6.      Warung bu Warni, lokasi di tikungan depan patung Soekarno-Hatta. Menunya antara lain gado2, opor ayam, lotek, telor itam. Harga bersahabat dengan kantong anak kos.
7.      RM embun pagi. Nomor 1 untuk rasa masakan padang disini. Lokasi nya depan gerbang uns. sebelah  RM ini ada tempe penyet, ikan, ayam bakar goreng yg bukanya cuma malam hari / lesehan kaki lima.
8.      Hik STSI, buka sampai dini hari, suasana asik buat nongkrong santai.
9.      Rica-rica pedas. Lokasinya agak tersembunyi di belakang kampus akper. Di bandingkan ditempat lainnya pedesnya disinu bikin kaget, kalo bukan penikmat pedas sebaiknya jangan.
10.  Nasi Goreng Pak Bro, tempatnya juga agak sulit terlihat, dari bangjo sekarpace ke arah ISI, sebelum perempatan belok kiri [agak nanjak]. Yang asik adalah harganya yang murah dengan porsi yang besar, IDR4000 sudah bikin kenyang, Cuma IDR5000 buat porsi jumbonya, kalo kamu tidak benar2 lapar sebaiknya jangan pesan porsi ini.
11.  SS special sambal, ini yang dulunya disampung jurug. SS udah banyak dimana-mana. Kamu pasti tau menunya kayak sambal bajak sambal perampok, sambal teroris, sambal densus, sambal narkoba, sambal rafi amat… bener gak ni..
12.  Garang asem, lokasi depan pom bensin sekarpace. Kalo mau masuk gang 50m-an ada juga warung yang jual tongseng.
13.  Lesehan Pak Manteb. Lokasinya didepan rumah duka tionghoa. Menu ayam bebek dan lele, bakar maupun goring. Bumbunya begitu meresap dalam daging, terasa begitu mantab seperti namanya. Hamper setiap malam selalu rame.
14.  Depan BNI Sekarpace, menu fuyunghay capjay, nasi goring, paklay dan sejenisnya. Porsinya besar rasanya boleh ditandingkan dengan lainnya.
15.  Pasar Panggung Rejo [malam hari], jl surya utama. Ada hik, ada nasi goreng, fuyunghay capjay ada juga lesehan ayam, ikan goreng atau bakar. Kalo malam cerah nyaman buat nongkuong lesehan di hiknya.
16.  Tulang Lunak, lokasi sebelah timur pintu masuk taman satwa jurug. Menu ayam dan bebek tulang lunak, suasana lumayan hijau dengan taman diseberangnya.
17.  Burjo 24jam tanjakan panggung rejo, lokasi jalan kabut depan gerbang belakang kampus uns. Menu seperti burjo-burjo lainnya, yang saya suka dari burjo ini adalah mie dogdog dan magelangan.
18.  Mesam-mesem, menu utama ayam tulang lunak, menu sampingan nyemil krupuk. Lokasi jl kartika, kiti jalan sebelum masjid al-fajar. Sebenarnya banyak tempat makan disepanjang jalan kartika termasuk steak yang belum lama ada disitu.

Apa yang saya tulis bisa jadi berbeda dengan kesan yang akan anda dapatkan dengan berkunjung langsung, so kunjungilah dan kamu akan tau mana yang paling pas buat kamu.. Masih banyak tempat yang belum saya tulis, silahkan tambahkan info / ceritamu dengan berkomentar..
Sedikit tambahan arti bungkus  buat penikmat nasi kucing di hik..
-         Bungkus berbentuk kotak = nasi + oseng tempe
-         Bungkus kotak ada tanda kertas = nasi goreng
-         Bungkus berbentuk lancip = nasi + sambal bandeng
-         Bungkus lancip ada tanda daun pisang/kertas = nasi + sambal teri






Silahkan lihat juga:


5 komentar:

  1. warung banyumasan mz, deket lmpu merah blakang kampus,, bumbu2nya krasa banget, maknyuzz dh..

    BalasHapus
  2. bu tandur dan pak bro yg paling kenyang dan murah meriah

    BalasHapus
  3. Ayam goreng pak man deretannya mie lombok (jl. ki hajar dewantoro) sambel ijonya mantep!hua...jd kangen kampus :D

    BalasHapus
  4. Dulu beberapa kali ke solo sempat menikmati ayam bakar di malam hari depan UNS, saya ingat di sebrang jalannya ada musholla ato masjid. Ada yang tahu ndak nama jalannya terima kasih

    BalasHapus
  5. Depan Kampus jl Ir. Soetami Pak, Kalo belakang kampus jl jl. ki hajar dewantoro

    BalasHapus

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.