Peta Italia / Italy map


Italia terdiri dari semenanjung besar yang menyerupai sepatu boot yang memanjang ke Laut Mediterania, bersama dengan dua pulau besarnya Sisilia dan Sardinia. Di timur-laut adalah Laut Adriatik, di tenggara Laut Ionia, kemudian Laut Tirenia di barat-daya dan Laut Liguria di barat-laut.

Pegunungan Apennina menjadi tulang belakang semenanjung ini, memanjang ke arah barat laut hingga bergabung dengan Alpen, barisan pegunungan yang membentuk lengkungan yang membatasi Italia di sisi utara. Di wilayah ini juga ditemukan dataran alluvial besar, dataran Po-Venesia, yang dialiri oleh Sungai Po dengan banyak anak sungainya mengalir dari Alpen, Apennina dan Dolomites. Sungai terkenal lainnya termasuk Tiber, Adige, dan Arno.
Titik tertingginya adalah Gunung Blanc (Monte Bianco) pada 4.810 m. Namun demikian, Italia biasanya lebih dikaitkan dengan dua gunung berapi yang terkenal: Vesuvius dekat Napoli yang sekarang ini tidak aktif dan Etna yang sangat aktif di Sisilia.

Roma, ibukota Italia, selama berabad-abad merupakan pusat politik Dunia Barat. Kota tersebut pernah menjadi ibukota Kekaisaran Romawi. Setelah jatuhnya Romawi, Italia terus-menerus diserang oleh bangsa-bangsa asing, dari suku-suku Jermanik seperti Lombard dan Ostrogoth, hingga Bizantium. Beberapa abad kemudian, Italia menjadi tempat lahirnya Renaisans, gerakan intelektual yang penting dalam membentuk pemikiran bangsa Eropa.


Peta Italia / Italy map

No comments:

Post a Comment

Klik pada peta untuk lebih detil, bila anda mengetahui peta yang lebih detil dan ingin berbagi silahkan tulis link nya di bawah, trims :)