Kim Phuc - dalam perang Vietnam


Foto dibawah adalah foto yang sangat terkenal dari Perang Vietnam. Kim Phuc (lahir tahun 1963) adalah subyek dalam gambar tersebut. Foto ini menunjukkan dirinya pada saat berumur sembilan tahun tanpa mengenakan pakaian berlarian di tengah jalan setelah terkena luka bakar parah akibat serangan bom napalm Vietnam Selatan.

Kim Phuc adalah warga sebuah desa di Trang Bang, Vietnam. Pada 8 Juni 1972, pesawat Vietnam Selatan menjatuhkan napalm di Trang Bang, yang sedang diduduki oleh pasukan Viet Cong. Dia bergabung dengan sejumlah warga biasa dan tentara kabur dari biara Cao Dai yang terletak di desanya sepanjang jalan menuju tempat perlindungan. Seorang pilot Vietnam Selatan salah mengira kelompok ini berbahaya dan menyerang mereka.

Gambar Kim Phuc yang berlarian tanpa berpakaian dengan latar belakang yang mengerikan menjadi sebuah simbol yang paling diingat atas Perang Vietnam. Dalam sebuah wawancara beberapa tahun kemudian, dia ingat pada saat itu, dia sedang berteriak "panas, panas!" dalam foto tersebut. Gambar ini diambil oleh fotografer yang bernama Nick Ut,Setelah mengambil gambar, Ut dengan segera membawa Kim Phuc dan anak-anak lainnya menuju sebuah rumah sakit di Saigon dimana dia dinyatakan tidak dapat bertahan hidup dengan luka bakar yang sedemikian parah. Walaupun demikian, setelah 14 bulan perawatan di rumah sakit dan 17 kali operasi, dia pulang kembali ke rumah.

Setelah dewasa, Phuc dijadikan simbol anti perang oleh Pemerintah Vietnam. Pada tanggal 22Oktober 2004, Kim Phuc dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dibidang hukum oleh Universitas York (York University) di Toronto, Ontario, Kanada atas perannya dalam membantu anak-anak korban perang diseluruh dunia.

Silahkan lihat juga:


No comments:

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.