Peta Dunia Gambar Besar HD

Peta dunia adalah peta permukaan Bumi yang dapat dibuat menggunakan berbagai proyeksi peta. Peta Dunia dapat berupa peta politik maupun fisik. Tujuan utama peta politik adalah menunjukan batas teritorial, tujuan peta fisik adalah ntuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau penggunaan.

Peta dunia

Peta dunia pertama kali dibuat oleh Bangsa Babilonia sekitar 2300 sebelum masehi. Peta yang diciptakan bangsa ini berbentuk tablet yang dibuat dari bahan tanah liat. Memang, ilmu kartografi di zaman Yunani kuno ini berkembang sangat pesat. Saat itu, konsep Aristoteles yang menyebutkan bahwa bumi itu berbentuk bulat telah banyak diketahui dan diamini oleh benyak ahli filsafat dan ahli bumi lainnya.

peta dunia besar HD
Peta Dunia gambar HD

Meski tak banyak yang berhasil membuktikan kebenaran konsep Aristoteles tersebut, namun sangat sedikit orang yang meragukan konsep tersebut. Ilmu Kartografi mencapai puncak kejayaannya di Yunani dan Roma berkat kerja keras Ptolemaeus, yang lebih dikenal dengan nama Ptolemy pada 85 sampai 165 sebelum masehi.

Dia berhasil menciptakan sebuah peta dunia yang digambarkan berdasarkan pembagian Garis Lintang atau Latitude sekitar 60 derajat Lintang Utara (N) sampai dengan 30 derajat Lintang Selatan (S). Dia juga menulis sebuah karya besar yang disebutnya “Geographike Hyphygesis” (Guide to Geography), yang merupakan acuan ilmu Geografi yang mendunia.

Selama periode pertengahan, peta dunia khususnya peta-peta wilayah Eropa sangat didominasi oleh pengaruh dan cara pandang agama. Peta yang berkembang pada masa pertengahan ini disebut dengan peta T-O. Pada peta ini Jerusalem dilukiskan di tengah-tengah bagian timur yang berorientasi pada bagian atas peta.

Pemahaman mengenai bentuk bumi yang bulat secara perlahan mulai mengalami perkembangan, terlebih saat bangsa Viking melakukan penjelajahan di utara Atlantik pada abad ke 12. Pada periode ini, Perkembangan kertografi semakin mengalami kemajuan dengan banyaknya peta dunia yang ditulis tangan oleh bangsa-bangsa yang berada di wilayah Arab dan Mediterania.

      pict:mapsofworld.com

Pada abad-17 sampai saat ini, Ilmu kartografi semakin berkembang. Pembuatan peta berdasarkan metode-metode ilmiah mampu menggambarkan dunia secara lebih akurat dan tampak nyata. Pemetaan pada periode modern ini dilakukan dengan menggabungkan potret udara hasil dari pengindraan jauh dan pengecekan lapangan.Pada periode 1980an, paradigma pembuatan peta di atas kertas mulai tergeser dengan munculnya Geographic Information Systems (GIS), yang memungkinkan gambaran peta terlihat semakin nyata.

Comments

  1. Anonymous31 July

    izin save gambar buat tugas bro

    ReplyDelete
  2. Anonymous08 January

    Tolong Pakai Peta yang ada negara Palestine... Bukan Israel

    ReplyDelete
    Replies
    1. di peta no 3, kalo ada referensi yg lain silahkan

      Delete
  3. Memang penting sih bagi semuanya untuk dapat mengenali peta-peta yang ada di dunia, karena ternyata peta yang dibuat sekarang sudah lama dipakai untuk navigasi columbus dan kawan-kawan, ini memang ada campur tangannya.

    ReplyDelete
  4. Screen Time permits iOS and iPad users to restrict their device use just as it offers a ton of parental control apparatuses to confine the content that youngsters and others can view. The capacity to block explicit sites is one such parental control feature that may prove to be useful. Read on and learn more about the process of blocking sites on the Safari browser if you have aniPhone or iPad running on iOS 13.

    ReplyDelete
  5. If you want to boost your chances of finding your ideal job, having a resume made by resume designers is essential. You can keep and update your resume as needed. We've compiled a list of three of the best resume writing services we've found, as well as some helpful hints on how to select an affordable, professional service. So find topresume review here

    ReplyDelete

Post a Comment

Klik peta atau klik kanan buka tab baru untuk peta ukuran penuh, terima kasih.